Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Bagi Kepala Seksi Pemerintahan Desa Se Kabupaten Mojokerto.

Pada tanggal 11 Februari 2019 telah diadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Bagi Kepala Seksi Pemerintahan Desa Se Kabupaten Mojokerto di hotel PCP Trawas yang di ikuti oleh 18 Orang Kepala Seksi Pemerintahan  dan 299 Kepala Seksi Pemerintahan Desa Se Kabupaten Mojokerto. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, SH.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan pemerintah desa kepada aparatur pemerintah desa khususnya Kepala Seksi Pemerintahan Desa tentang TUPOKSI yakni sesuai Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2017, Penyusunan Produk Hukum Desa dan Peraturan Bupati Nomor 85 Tahun 2018.

Dalam kegiatan tersebut, Bapak Wakil Bupati Mojokerto menyampaikan bahwa dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Thn 2014 tentang Desa telah membawa perubahan terhadap paradigma pembangunan desa dari paradigma “Membangun Desa” Menjadi “Desa Membangun” Sebagai konsekuensi dari perubahan Paradigma tersebut, Pemerintah Pusat telah mengucurkan dana desa RATUSAN TRILYUN ke Desa. Hal tersebut tidak akan berarti apa-apa bagi masyarakat desa apabila tidak diimbangi dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik, untuk itu diperlukan kapasitas dan integeritas yang memadahi dari seluruh aparatur pemerintahan desa agar dana yang cukup besar tersebut dapat menjawab dan mengatasi permasalahan yang ada di desa.  

Oleh karena itu melalui kegiatan Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat ini Diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dari aparatur pemerintah desa sehingga mampu merencanakan, melaksanakan sekaligus mempertanggungjawabkan seluruh aspek dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Disamping itu menjadi aparatur pemerintah desa saat sekarang ini, juga dituntut punya kreatifitas dan inovasi dalam tata kelola Pemerintahan Desa.

Dengan segala upaya ini, diharapkan desa-desa di kabupaten mojokerto semakin maju, mandiri dan berdaya. #salam semangat!