PEMBINAAN KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA TAHUN 2020

DINAS PMD Kab. Mojokerto telah menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Whiz Trawas Kecamatan Trawas pada tanggal 29 Januari 2020 s/d 12 Pebruari 2020.

Kepala Desa  adalah pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga Desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah, maka dalam upaya mewujudkan dan membentuk kualitas Sumber Daya Manusia serta Propesionalisme Kepala Desa, perlu dilakukan pembinaan Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang mengarah pada pengetahuan, kepribadian, ketrampilan dan bertanggung jawab.

Dalam pelaksanaan kegitan tersebut diperuntukkan untuk Kepala Desa baru yang dilantik pada tahun 2018 dan 2019 sebanyak 258 orang se Kabupaten Mojokerto, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Kepala Desa Manajemen Pemerintahan Desa, meningkatkan pengetahuan Kepala Desa yang berkualitas dan meningkatkan Sumbur Daya Manusia bagi Kepala Desa yang baru dilantikan dalam melaksanakan penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Selama kegiatan, Kepala Desa juga dibekali beberapa materi antara lain:

  1. Tugas, Wewenang, Kewajiban, Hak dan Sanksi Kepala Desa;
  2. Manajemen Pemerintahan Desa;
  3. Penyusunan Rancangan RPJM Desa;
  4. Pengelolaan Keuangan Desa;
  5. Wawasan Kebangsaan tentang kepemimpinan;
  6. Kesamaptaan

yang disampaikan atau dipaparkan oleh narasumber :

  1. Kepala Dinas PMD Kabupaten Mojokerto.
  2. Pejabat Balai Besar PMD Malang.
  3. Pejabat Brimob Watukosek Pasuruan.